Monday, January 26, 2015

Bingung Mau Promosi Blog Secara Online? Ikuti Cara Ini!

Untuk membuat blog kita dikenal oleh banyak orang, maka langkah yang paling tepat adalah melakukan promosi blog itu sendiri. Promosi dapat diartikan sebagai kegiatan memberitahukan atau memperkenalkan sebuah produk atau jasa kepada orang lain untuk memperoleh penaikkan atau peningkatan dari produk ataupun jasa yang ditawarkan tersebut. 

Promosi Blog

Promosi yang satu ini sedikit berbeda, dengan mempromosikan blog kita berarti kita telah menginformasikan kepada banyak orang mengenai blog yang kita promosikan. Namun dalam melakukan ini sobat harus belajar bersabar, karena promosi blog tersebut tidak hanya dapat dilakukan dalam waktu singkat saja, melainkan memerlukan waktu yang cukup lama agar blog tersebut benar-benar terkenal dan ramai dengan pengunjung.

Saya disini hanya berbagi pengalaman saja, sebagai seorang blogger yang sudah aktif sejak 2012 lalu. Dan cara yang saya lakukan benar-benar terbukti sekali, membuat setidaknya 1000 pengunjung dalam sehari, sobat dapat lihat pada blog saya yang beralamatkan http://tutorial-blogz.blogspot.com.

Jikalau kita melihat banyak sekali blogger-blogger sukses yang bahkan hanya menggunakan layanan gratisan dengan subdomain .blogspot bisa memperoleh penghasilan yang luar biasa. Apakah sobat sebagai blogger pemula (seperti saya) hanya bisa diam saja? tentu ingin membuat blog sobat menjadi terkenal pula kan? Untuk itu pada kesempatan kali ini, perkenankan saya sebagai admin untuk berbagi cara mempromosikan blog yang baik dan benar.

Promosi Blog dengan Facebook

Facebook

Sudah tidak dapat diragukan lagi facebook merupakan situs jejaring sosial paling populer dan ter-banyak digunakan diantara situs-situs jejaring sosial lainnya. Dengan demikian, kita dapat menggunakan situs jejaring sosial yang satu ini sebagai sarana promosi blog terampuh dan pastinya mendatangkan banyak pengunjung hanya dari Facebook saja.

Berikut langkah-langkahnya:
  • Carilah teman Facebook sebanyak-banyaknya, dan usahakan untuk mencari teman Facebook yang juga mempunyai sebuah blog ataupun diantara mereka seorang blogger.
  • Sobat bisa membagikan situs blog sobat kepada teman sobat dengan melalui chatting ataupun dalam profil/timeline orang tersebut.
  • Buatlah sebuah Fanpage sebagai tempat promosi blog, namun dalam hal ini sobat harus mencari liker sebanyak mungkin agar dapat menarik datangnya pengunjung blog.
  • Bergabunglah dengan grup-grup di Facebook yang membahas tentang Blog, upayakan untuk membagikan link sobat pada grup tersebut dan ajaklah para blogger untuk saling blogwalking.

Promosi Blog dengan Twitter

Twitter

Selain Facebook, juga ada twitter sebagai tempat promosi alternatif yang memungkinkan membuat blog kita terkenal. Ada banyak cara untuk mempromosikan blog ke twitter, mari simak uraiannya dibawah ini.

Berikut langkah-langkahnya:
Sama halnya dengan Facebook, kita harus mencari sebanyak mungkin follower dalam twitter. Caranya bagaimana? mungkin dengan cara mengajak daripada teman sobat untuk saling mem-follow.
Kemudian sobat dapat membagikan link blog sobat pada tweet yang sobat lakukan, cara ini dapat dilakukan dengan meng-tag teman yang sobat follow ataupun followers twitter sobat.
Lakukanlah promosi blog di twitter dengan menyisipkan kata atau hashtag yang sedang populer atau yang menjadi trending topic dalam twitter.

Promosi Blog dengan Blogwalking

Blogwalking

Blogwalking? apa sih blogwalking itu? mungkin diantara sobat ada bertanya-tanya mengenai pengertian blogwalking. Blogwalking merupakan suatu kegiatan jalan-jalan atau mengunjungi blog lain dengan meninggalkan jejak berupa komentar di blog tersebut. Nah, blogwalking ini sangat penting untuk dilakukan karena sobat akan mendapat berbagai keuntungan dari kegiatan blogwalking ini.

Baca Selengkapnya: Apa Itu Blogwalking? dan Cara Blogwalking Yang Baik dan Benar


Promosi Blog dengan Forum Online

Forum Online

Kita dapat manfaatkan forum-forum online sebagai sarana promosi blog paling jitu dan ampuh untuk mendatangkan pengunjung blog. Selain mendapatkan pengunjung, kemungkinan besar kita juga akan mendapatkan backlink yang berkualitas. Forum-forum online paling terkenal, seperti Kaskus, Indowebster, Detik Forum, dan lain sebagainya.


Caranya cukup mudah, yakni dengan sering aktif dalam forum tersebut. Rajinlah berdiskusi dengan member lain dengan menyematkan link blog sobat sebagai sumber refrensi sebuah topik yang sedang diperbincangkan. Cara ini cukup efektif bukannya tidak mungkin karena pasti diantara mereka ada yang ingin mencari informasi yang bermanfaat guna menambah wawasan mereka.

Promosi Blog dengan Iklan Baris Gratis

Iklan Baris Gratis

Untuk mengoptimalkan jumlah trafik/pengunjung blog, sobat dapat menggunakan situs-situs iklan baris gratis. Tentunya situs iklan baris gratis tersebut juga harus yang merupakan situs yang populer dan ramai pengunjungnya, agar mampu mendatangkan pengunjung ke blog kita dan tetap mendapatkan backlink.

Beberapa dari situs iklan baris gratis yang paling populer, diantaranya:
  • http://kunjungin.com
  • http://www.iklanbaris.co.id
  • http://iklangratisonline.com
  • http://iklanbaris.co
  • http://iklantuban.com
  • http://iklanhouse.com

Itulah mungkin tips singkat serta sederhana tentang Promosi Blog yang dapat admin sampaikan untuk kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.
Sekian, terima kasih.
Disqus Comments