Friday, January 2, 2015

Tips SEO Dasar untuk Blogger Pemula

SEO merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan terhadap sebuah blog. Dengan melakukan optimasi SEO pada blog kita, secara tidak sengaja kita telah mendatangkan pengunjung atau trafik blog kita melalui halaman mesin pencari atau search engine, salah satunya yang pastinya sudah dikenal blogger semua yaitu Google.

Tips SEO Dasar untuk Blogger Pemula
Tips SEO Dasar untuk Blogger Pemula

Fungsi dilakukannya optimasi SEO pada blog adalah untuk memaksimalkan posisi blog kita ke urutan teratas hasil pencarian pada halaman mesin pencari. Lalu, apa tujuannya? seperti yang kita ketahui, mesin pencari seperti Google sangatlah sering dibuka oleh sebagian besar orang didunia. Setiap orang mencari sebuah artikel dengan memasukkan kata kunci atau yang disebut dengan keyword. Dengan munculnya blog kita pada mesin pencari, tentunya akan membuat banyak orang untuk mengunjungi blog kita.

Untuk itu, diperlukan sebuah teknik SEO dasar yang akan membantu kita untuk melakukan optimasi SEO terhadap blog kita. Lalu, apa saja tips dasar SEO yang dapat dilakukan? mari kita simak uraiannya berikut ini.

1. Title Tag
Title Tag atau Judul halaman web atau blog merupakan bagian terpenting dalam blog karena merupakan perwakilan dari sebuah halaman web atau blog. Alangkah baiknya jika kita membuat judul blog yang sesuai dengan topik atau artikel yang kita bahas di blog kita. Ini sangatlah berpengaruh terhadap posisi blog kita di halaman mesin pencari. 

Sebagai contohnya, jika isi blog kita membahas mengenai hal yang berkaitan dengan software/games, maka hendaknya kita membuat judul yang berhubungan dengan topik yang kita bahas, misalnya "Depok Software" dan usahakan dengan url blog "depoksoftware.blogspot.com" agar mudah terindex oleh mesin pencari seperti Google.

Untuk membuat judul blog lebih SEO Friendly, maka ganti kode  <title><data:blog.pageTitle/></title> dengan kode dibawah ini. Caranya silahkan masuk ke Template > Edit HTML.
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/> | Tutorial Blog dan SEO, Cara Membuat Blog</title>
<b:else/>

<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
</b:if>
Keterangan: Ganti yang berwarna biru dengan kata kunci blog sobat.

2. Meta Tag Description
Setelah memaksimalkan Title Tag pada blog, selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan optimasi pada Meta Tag. Yang dimaksud dengan Meta Tag Description merupakan sebuah struktur tulisan yang mendeskripsikan atau menjelaskan isi daripada sebuah halaman web atau blog. Pengoptimalan Meta Tag ini juga penting, karena juga dapat menentukan posisi atau peringkat sebuah halaman blog dalam mesin pencari. Untuk memasukkan deskripsi blog dapat dilakukan pada "Setting" > "Basic" lalu masukkan deskripsi blog pada kotak "Description".

3. Artikel Yang Berkualitas dan SEO Friendly
Blog haruslah memiliki konten atau artikel yang ditulis didalamnya. Karena definisi blog sendiri adalah tulisan atau catatan yang dimuat dalam sebuah halaman web atau blog. Nah, artikel dalam blog itu sendiri harus memiliki kualitas dan berstandar SEO agar mampu bersaing dengan situs-situs web atau blog lainnya dalam halaman mesin pencari. Untuk menciptakan sebuah artikel yang berkualitas serta SEO Friendly dapat sobat baca pada Tips Membuat Artikel Blog Berkualitas dan Disukai Google

4. Submit Blog ke Search Engine
Untuk membuat blog kita terindex oleh berbagai search engine, kita harus melakukan submit terhadap situs-situs search engine tersebut. Caranya sangat mudah, hanya dengan memasukkan url blog kita pada kolom yang disediakan. Berikut ini situs-situs search engine dan alamat link untuk submit blognya:
5. Link Building
Seperti namanya, link building memang bertujuan untuk membangun link yang mengarah ke dalam blog kita. Link sendiri terbagi menjadi dua, yakni link internal dan link eksternal. Link internal adalah link yang berasal dari dalam blog kita sendiri, sedangkan link eksternal merupakan link yang berasal dari luar blog. 

Dengan melakukan link building, maka kita akan mendapat backlink dari situs web lain. Jika backlink sudah didapat, apalagi jika backlink tersebut berkualitas, tentu akan menaikkan posisi blog kita di halaman mesin pencari. Untuk melakukan link building dapat dilakukan mulai dari Submit blog ke social bookmark, blog direktori, hingga komentar di blog-blog dofollow.

Demikianlah Tips SEO Dasar untuk Blogger Pemula, semoga artikel ini dapat membantu sobat yang ingin belajar lebih dalam tentang SEO Blogspot.
Sekian, Terima kasih.
Disqus Comments