Friday, January 2, 2015

Yuk, Cari Tahu Sejarah dan Perkembangan Google SEO!

Kini dunia Internet semakin berkembang, salah satunya adalah kian banyaknya situs penyedia layanan blog gratis. Banyak orang yang memanfaatkan sebuah blog gratis untuk dijadikan sebagai bahan pencetak uang dari Internet. Hal yang demikian dapat dilakukan dengan mengembangkan blog kita dan mendatangkan banyak pengunjung blog, salah satunya dengan menggunakan teknik SEO.

Seperti yang kita ketahui, SEO yang merupakan sebuah metode untuk menaikkan peringkat blog kita di search engine atau mesin pencari, terutama Google. Dengan melakukan optimasi SEO pada blog kita, tentunya akan meningkatkan jumlah pengunjung atau traffic dalam blog kita. Silahkan sobat baca pada postingan Apa Itu SEO? Dan Pentingkah Bagi Blog?.

Ngomong-ngomong tentang SEO, tidak ada salahnya jika kita perlu untuk mengetahui tentang bagaimana Sejarah dan Perkembangan Google SEO untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang SEO. Untuk itu, silahkan simak artikelnya dibawah ini.


Yuk, Cari Tahu Sejarah dan Perkembangan Google SEO!
Sejarah dan Perkembangan Google SEO

Istilah SEO (Search Engine Optimization) ini pertama kali dikemukakan pada tanggal 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan tentang munculnya virus spam yang telah menyusup ke Usenet. Ketika itu, algoritma mesin pencari atau search engine masih belum terlalu kompleks, hingga dengan mudahnya dimanipulasi oleh para hacker.

Awalnya, algoritma pencarian pada mesin pencari hanya didasarkan sepenuhnya terhadap informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag yang terdapat pada html sebuah situs web. Meta Tag tersebut menyediakan informasi tentang konten yang mendeskripsikan isi halaman web dan dilengkapi dengan sekumpulan kata kunci atau yang disebut dengan keyword.

Terdapat sebagian webmaster yang menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan isi konten situs web yang sebenarnya, sehingga banyak situs web yang salah ditempatkan atau diposisikan dalam halaman mesin pencari. Inilah yang menjadi penyebab sistem pencarian data pada mesin pencari menjadi tidak akurat dan menyebabkan kerugian bagi mesin pencari maupun pengguna mesin pencari yang hendak mencari informasi yang diinginkan.


Pendiri Google: Larry Page dan Sergey Brin
Pendiri Google: Larry Page dan Sergey Brin

Hingga pada akhirnya ada yang mencoba untuk mengatasi dan menuntaskan permasalahan tersebut, yakni dua orang mahasiswa doktoral ilmu komputer, Universitas Stanford, bernama Larry Page dan Sergey Brin. Mereka berdua menciptakan sebuah mesin pencari yang dinamakan dengan Backrub. Mesin pencari tersebut lebih mengutamakan perhitungan matematika yang digunakan untuk memposisikan situs web dalam mesin pencari.

Algoritma tersebut dinamakan dengan PageRank, yang merupakan sebuah fungsi matematika yang kompleks yang merupakan kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah kepada sebuah situs web dengan menganalisis dari kualitas masing-masing link tersebut.

PageRank memiliki prinsip kerja, yakni sebuah situs web yang memperoleh peringkat tertinggi adalah yang situs web yang banyak di link oleh situs web lainnya. Sebuah situs web akan mendapat nilai PageRank yang tinggi apabila link yang mengarah ke situs web tersebut memiliki kualitas yang tinggi.

Belum sampai disitu saja, sebenarnya Backrub ini hanyalah sebuah permulaan. Kemudian Page dan Brin mendirikan Google pada tahun 1998 yang merupakan tingkat lanjut dari Backrub. Seiring berjalannya waktu, Google kian terkenal dan mendapat banyak kepercayaan dari pengguna Internet, karena memiliki sistem pencarian data yang berkualitas tinggi, cepat, dan relevan. 

Nah, demikianlah Sejarah Singkat serta Perkembangan Google SEO yang dirasa perlu untuk diketahui, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi para pengunjung yang membacanya.
Sekian, Terima kasih.
Disqus Comments