Monday, December 29, 2014

Tips Membuat Artikel Blog Berkualitas dan Disukai Google

Membuat ataupun menulis artikel dalam blog merupakan keharusan bagi seorang blogger. Membicarakan soal artikel, tidak terlepas dari kriteria konten artikel blog itu sendiri. Artikel yang berkualitas merupakan sebuah kunci untuk membuat blog tersebut menjadi ramai dan dikenal oleh banyak orang. Alasan lain, karena Google sendiri menyukai konten atau artikel blog yang berkualitas dan seo friendly.


Tips Membuat Artikel Blog Berkualitas dan Disukai Google

Untuk itu, sangat diperlukan usaha serta keinginan diri sendiri untuk membangun artikel yang berkualitas dan selalu memperhatikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan, seperti untuk tidak melakukan konten duplikasi ataupun menyalin dari blog lain yang tentunya Google tidak menyukai akan hal itu. Kita dapat memperbaikinya dan terus mencoba untuk menciptakan artikel blog sendiri yang memiliki kualitas dan menarik pengunjung datang ke blog kita.

Berikut Tips Membuat Artikel Berkualitas dan Disukai Google:

1. Memilih Judul yang Tepat dan Menarik
Dalam memberikan sebuah judul artikel, kita perlu menentukan bagaimana supaya artikel kita disukai oleh Google dengan ketepatan judul tersebut. Kita sebagai seorang penulis, harus pandai memperkirakan apa yang nanti seorang pengunjung ketik dan cari mengenai sebuah artikel, dan tentunya judul tersebut harus yang paling banyak dicari oleh pengunjung. Tak lupa ditambahkan dengan kata-kata yang menarik supaya menarik banyak pengunjung. Seperti judul "Cara Membuat Kue" diganti menjadi "Cara Membuat Kue Paling Enak dan Lezat". Lihat perbedaannya, tentunya pengunjung akan lebih memilih judul artikel yang paling unik dan menarik untuk dibaca.

2.  Menulis Artikel yang Sederhana Namun tidak Bertele-tele
Google sangat menyukai sebuah artikel blog yang tidak terlalu pendek namun juga tidak terlalu panjang. Menuliskan artikel itu sendiri hendaknya disusun dengan rapih serta ditulis dengan jelas dan singkat sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama membaca artikel di blog kita. Tidak disarankah pula untuk bertele-tele dalam membuat artikel blog. Sebab mengapa? karena kebanyakan pengunjung blog itu hanya akan membaca pokok atau inti dari sebuah artikel blog itu sendiri, dan jarang untuk memperhatikan uraian yang kadang terlihat membosankan para pengunjung blog.

3. Menggunakan Gaya Bahasa yang Mudah Dipahami
Jika sebuah artikel dalam blog menggunakan gaya bahasa yang tidak baku, ataupun menggunakan bahasa daerah pemilik blog tersebut, tentu tidak mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh pembaca blog tersebut. Kita sering menemukan artikel yang dituliskan penuh dengan kata-kata yang dipersingkat dan bahkan para pembaca pun tidak dapat memahami maksud dari tulisan tersebut. Ini sebaiknya harus segera diperbaiki demi kenyamanan pengunjung yang ingin membaca sebuah artikel dalam blog tersebut.

3. Mengoptimalkan Kata Kunci dan Link Artikel
Kata kunci dalam sebuah artikel sangat diperlukan karena itu akan membuat artikel blog kita terkenal dan lebih mudah terindex oleh mesin pencari Google. Dengan mengoptimalkan kata kunci dalam artikel blog, kita sudah membuat blog kita disukai oleh Google. Usahakan untuk memberikan cetak tebal, miring, ataupun garis bawah pada kata kunci yang kita berikan. Tak lupa juga, hendaknya kita memberikan link artikel sesuai dengan kata kunci artikel maupun judul dari artikel tersebut.

4. Memberikan Gambar di Setiap Artikel
Gambar sangat diperlukan selain untuk membangun dan memberikan keterangan sebuah artikel, namun juga dapat menarik datangnya pengunjung blog. Namun, disarankan pula untuk memberikan tag Alt dan tag Title pada gambar yang kita posting. Dengan begitu, Google akan mudah dalam mengindex gambar artikel yang kita masukkan.

5. Menandai Setiap Artikel dengan Label
Jika blog Anda memiliki topik atau poin artikel yang lebih dari satu, maka alangkah baiknya untuk mengelompokkan artikel tersebut dengan cara memasangkan label atau kategori pada setiap artikel tersebut. Selain itu, dengan memberikan label pada artikel akan memudahkan pengunjung untuk menentukan topik atau bahasan yang akan dicari.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai tips membuat artikel blog yang berkualitas serta disukai oleh Google. Semoga, dengan adanya postingan ini, dapat membantu Anda untuk membangun sebuah artikel yang baik, bagus, dan memiliki kualitas.
Sekian, Terima kasih.
Disqus Comments