Sunday, December 28, 2014

Kelebihan Blogger dibanding dengan Blog-blog lainnya

Kita semua pastinya sudah tidak asing lagi dengan situs Blogger. Ya, situs penyedia blog gratis ini memiliki beberapa kelebihan ataupun keunggulan jika dibandingkan dengan platform blog-blog gratisan lainnya, seperti Wordpress, Tumblr, LiveJournal, dan lain sebagainya. 


Kelebihan Blogger dibanding dengan Blog-blog lainnya

Mengapa demikian? karena ada begitu banyak blogger Indonesia lebih memilih menggunakan layanan blog gratis dari Blogger/Blogspot karena memiliki berbagai kemudahan dalam penggunaannya. Bahkan tidak hanya itu, sebuah perusahaan pun ada yang menggunakan layanan blog gratis yang satu ini untuk usaha/berbisnis maupun mempromosikan produk mereka.

Berikut ini Kelebihan/Keunggulan Blogger dibanding dengan Blog-blog lainnya:

1. Dimiliki dan Dikelola oleh perusahaan Google
Siapa sih yang tak kenal dengan search engine yang satu ini? Tentunya kita mengetahui akan hal tersebut. Karena bukannya tidak mungkin, setiap hari kita yang selalu browsing pasti menggunakan Google. Selain sebagai mesin pencari, Google juga memiliki dan mengelola layanan blog gratis bernama Blogger/Blogspot. Ini menjadi keuntungan sendiri bagi para pengguna blogger, karena blogger ini dikuasai oleh Google dan tentunya memiliki kualitas yang bagus dibanding blog-blog lainnya.

2. Kemudahan dalam Mendaftar dan Mengelola Blog
Blogger memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mendaftarkan serta mengelola blog mereka. Selain itu, blogger juga tidak meminta kita untuk membayar ataupun menyewa hosting/domain, sebab blogger sendiri mempunyai subdomain .blogspot.com secara gratis. Dalam blogger sendiri tidak mengharuskan kita untuk melakukan instalasi layaknya pada situs wordpress. Untuk cara mendaftarkan blog di blogger sendiri sudah pernah saya posting, silahkan baca di Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dalam 5 Menit.

3. Mendukung banyak Template Blog
Anda tidak perlu khawatir lagi tentang template blogger, karena sudah tersedia banyak sekali, baik dari dalam blogger itu sendiri maupun yang berasal dari luar, yang memberikan dan membagikan Template blogger secara gratis.

4. Tidak membutuhkan keahlian pengkodean
Ini menjadi penyebab utama para blogger yang masih awam dalam memilih layanan di blogger. Setiap orang pasti ada yang kurang memahami tiap-tiap coding atau apapun yang ada di bidang pengkodean, seperti CSS, HTML, JavaScript, dan lain sebagainya. Untuk itu, blogger memberikan fasilitas supaya lebih memudahkan penggunanya dalam mendesain ataupun mengotak-atik tampilan blog tanpa harus mengerti tentang bidang pengkodean yang kadang merepotkan.

5. Keamanan yang Terjamin
Google menjamin keamanan situs blogger maupun akun si pemilik blog, jadi kita tidak perlu khawatir lagi soal kejadian hack atau apalah itu yang dilakukan segelintir orang. Blog yang kita kelola di blogger akan mampu berjalan dengan baik bahkan dalam jangka waktu yang panjang.

6. Dapat mengganti Domain dengan Mudah
Anda dapat mengganti subdomain .blogspot.com Anda menjadi .com, .net, .tk, dan lainnya baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, tanpa harus memindahkan hostingan blog ke hostingan berbayar. Dengan begitu, Anda bisa langsung setting domain di blog dengan sangat mudah dan cepat. Dan Anda tidak perlu cemas jika domain Anda berakhir, karena akan langsung dialihkan kembali ke subdomain blogspot.

7. Kemudahan dalam Pengindeksan Google
Karena situs blogger ini dimiliki Google, tentunya kita dapat memaksimalkan seo blog kita di mesin pencari Google. Tapi, agar blog kita terindex Google, kita juga harus menerapkan teknik SEO untuk mempercepat pengindeksan. Ada berbagai macam teknik SEO yang dapat dilakukan agar blog kita SEO Friendly, diantaranya adalah mendaftarkan dan mensubmit sitemap blog kita ke Google.

8. Memasang Iklan dengan begitu Mudah
Kita dapat memasang iklan apapun dalam blog kita, seperti PPC, AdSense, Bidvertiser, dan lain sebagainya. Namun, blogger juga memiliki kebijakan untuk tidak seenaknya memasang iklan-iklan negatif, seperti porno, judi, sara, dan iklan-iklan negatif lainnya yang dapat berdampak negatif bagi pengunjung blog tersebut.

Itulah beberapa kelebihan maupun keunggulan yang dimiliki situs blogger dibandingkan dengan blog-blog lainnya. Sebenarnya masih banyak kelebihan ataupun keunggulan dari situs blogger ini, namun yang saya bagikan disini hanya beberapa saja.
Semoga bermanfaat.
Disqus Comments