Saturday, January 31, 2015

Backlink Berkualitas? Seperti Apa dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Seperti yang kita ketahui, backlink sangatlah penting untuk SEO blog, karena backlink itulah yang akan meningkatkan kualitas SEO pada blog kita. Kita melihat, banyak sekali para blogger yang berlomba-lomba untuk mendapatkan backlink yang berkualitas demi mempopulerkan situs blog mereka pada mesin pencari (search engine), khususnya Google. Lalu, apa yang dimaksud dengan backlink? sobat dapat baca pada artikel: Apa Itu Backlink? Pentingkah Bagi SEO Blog?.

Backlink Berkualitas

Untuk memperoleh backlink itu sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun pasti intinya hanya satu, yaitu berupa link yang berasal dari situs web atau blog lain yang mengarah ke blog kita. 

Namun, untuk menempatkan blog kita pada posisi pertama mesin pencari, haruslah dimulai dengan membangun backlink yang berkualitas. Jika sobat bertanya seperti apa backlink yang berkualitas itu dan bagaimana cara untuk mendapatkannya, maka saya selaku admin akan menjelaskannya disini.

Silahkan simak artikelnya dibawah ini.

1. Backlink yang berasal dari Situs Social Bookmark
Sebelum itu, sobat perlu memahami apa itu social bookmark. Social bookmark merupakan situs web yang memperbolehkan penggunanya yang telah terdaftar untuk menyimpan atau mengirimkan link web atau blog mereka dengan tujuan untuk mendapatkan backlink.

Mengapa harus memperoleh backlink dari situs social bookmark? karena backlink yang berasal dari situs social bookmark ini sangatlah memungkinkan sebuah blog untuk berada di posisi pertama di halaman mesin pencari, seperti Google, terlebih jika situs social bookmark tersebut berupa situs dofollow dan memiliki pagerank yang tinggi.

Untuk cara mendapatkannya, sobat dapat kirimkan link blog sobat pada situs social bookmark tersebut dengan syarat harus melalui sebuah pendaftaran terlebih dahulu. Silahkan lihat daftarnya pada postingan:

2.  Backlink yang berasal dari Direktori Artikel
Situs artikel direktori ini tidak jauh berbeda dengan situs social bookmark. Bedanya adalah ini merupakan situs yang berguna berguna untuk menerbitkan artikel-artikel ke sebuah direktori yang tersusun rapi dan disesuaikan dengan label (kategori) masing-masing artikel.

Ada banyak manfaat dari submit artikel kita pada direktori artikel, selain untuk mendapatkan backlink berkualitas namun juga bisa mendatangkan banyak pengunjung (traffic) dari situs tersebut. Situs direktori artikel yang terkenal, antara lain adalah Technorati.com, Blogarama.com, Bloghub.com, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Backlink yang berasal dari Blog Dofollow
Blog Dofollow merupakan blog yang apabila terdapat link di dalamnya, dan link tersebut akan memberitahukan kepada mesin pencari (search engine) untuk mengikuti link yang dituju tersebut. Dengan demikian, memperoleh backlink dari situs blog dofollow rasanya penting untuk dilakukan.

Ada banyak situs blog dofollow, khususnya di Indonesia yang memiliki PageRank yang tinggi, silahkan lihat daftarnya pada postingan:
Daftar Kumpulan Blog Dofollow Lengkap Terbaru 2015

Lantas bagaimana cara untuk mendapatkan backlink dari situs blog dofollow? Nah, sobat dapat mengunjungi situs blog dofollow tersebut dengan meninggalkan komentar yang relevan menggunakan fitur Name/URL ataupun OpenID, ini biasa disebut juga dengan kegiatan blogwalking. 

Namun, selain itu juga dituntut untuk berkomentar dengan baik dan benar sebagaimana mestinya, baca pada artikel yang satu ini:
Apa Itu Blogwalking? dan Cara Blogwalking Yang Baik dan Benar

4. Backlink yang berasal dari Situs Social Media
Backlink yang didapat dari situs social media merupakan backlink yang sangat berkualitas, walau terkadang situs social media tersebut bersifat Nofollow, namun tetap saja kita akan memperoleh backlink yang berkualitas. 

Situs-situs social media populer seperti Facebook, Twitter, ataupun Google+ perlu dimanfaatkan untuk membangun backlink berkualitas. Terutama situs Google+ yang merupakan kepunyaan dari Google itu sendiri. Dalam hal ini, sobat dapat membagikan link blog sobat pada situs-situs social media tersebut.

5. Backlink yang berasal dari Forum-forum Online
Dalam internet, kita dapat temukan situs-situs forum online yang paling populer dan memiliki ribuan pengunjung, seperti Kaskus, Detik Forum, Ads-id, Bersosial, dan lain sebagainya. Dari forum-forum online seperti tadi merupakan situs yang dofollow dan memiliki PageRank yang tinggi. 

Tentu hal tersebut tidak boleh disia-siakan oleh para blogger yang ingin mencari backlink yang berkualitas. Lalu, bagaimana cara mendapatkannya? caranya cukup mudah yakni hanya sering aktif dalam forum-forum online, dan sering membuat thread dan jangan lupa untuk menyematkan link blog sobat sebagai sumber refrensi dari thread tersebut. Siapa tahu selain mendapat backlink juga nantinya akan meningkatkan traffic blog sobat nantinya.

Itulah postingan tentang Backlink Berkualitas untuk kesempatan hari ini, semoga apa yang ditulis disini dapat bermanfaat untuk sobat blogger semua.
Disqus Comments