Tuesday, January 6, 2015

Tips Ngeblog Yang Asyik dan Kreatif

Ngeblog itu memang merupakan hal yang asyik dilakukan oleh para blogger. Namun, yang menjadi pertanyaan mendasar adalah mengapa kita harus ngeblog? dan untuk apa kita ngeblog? 
I Love Blogging

Pastinya setiap orang mempunyai alasan tersendiri mengapa mereka melakukan aktivitas ngeblog/blogging dalam blog mereka. Dalam blog, kita dapat menuangkan pengalaman hidup kita sehari-hari, sebagai tempat curhat, ataupun berbagi ilmu pengetahuan yang kita miliki. Bahkan, kita dapat menghasilkan duit hanya dengan usaha blog yang kita lakukan. 

Namun, tidak jarang kita temukan seorang blogger yang hanya ingin mengisi waktu luang selepas mereka bekerja atau melakukan kegiatan yang melelahkan. Ada banyak alasan dan tujuan mengapa kita harus ngeblog, kamu sendiri juga harus memiliki alasan ngeblog agar jelas nantinya tujuan kita ngeblog itu untuk apa.

Berbicara mengenai blog, tentunya tidak akan jauh-jauh dari artikel yang kita tulis di blog. Dalam hal menulis, kita juga harus konsisten. Kita harus memikirkan tentang apa yang harus kita tulis dan bagaimana caranya agar tulisan itu dapat bermanfaat dan berguna bagi orang lain yang membacanya. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, tulisan itu dapat berupa apa saja, baik berupa pengalaman pribadi, curhat, pengetahuan, ataupun hal-hal lainnya. 

Meskipun tulisan merupakan sesuatu yang diutamakan/diprioritaskan dalam blog, namun kita juga tidak boleh melupakan tampilan daripada blog itu sendiri. Nantinya, pengunjung sendiri yang akan menilai bagus tidaknya tampilan blog kita. Bila tampilan blog kita terkesan jelek dan lambat, maka pengunjung akan tidak betah berada dalam blog kita dan akan langsung pergi untuk melihat blog lain yang lebih bagus. Berbeda jika tampilan blog kita bagus dan dapat diakses dengan cepat, orang yang mengunjungi blog kita pun akan merasa betah berlama-lama untuk membaca artikel dalam blog kita.

Ada atau tidak adanya pengunjung, sepertinya tidak menghambat kita untuk menulis sesuatu dalam blog, dan tetap akan terkesan asyik-asyik saja itu pun jika kita mau menikmatinya. Apalagi jika disisi lain blog kita dipenuhi oleh pengunjung, tentu akan membuat kita senang sekali karena artikel yang kita tuliskan sendiri dapat bermanfaat bagi orang lain. Namun tidak hanya kita saja, sang pengunjung pun akan turut senang sebab mendapatkan artikel atau informasi yang mereka cari.

Tak hanya itu saja, ternyata ngeblog juga dapat menambah teman loh! namun teman yang dimaksud disini adalah teman dalam dunia Internet, kita dapat berinteraksi dengan baik kepada sesama blogger lainnya. Itu semua dapat dilakukan dengan bergabung di grup online atau komunitas blogger Indonesia, sering melakukan blogwalking ke blog-blog lain, dan selalu rajin dalam membagikan artikel yang kita tulis ke situs-situs jejaring sosial, contohnya yang terkenal diantaranya Facebook dan Twitter.

Jadi, untuk melakukan kegiatan/aktivitas yang terkesan asyik dan kreatif dapat disimpulkan menjadi beberapa kriteria, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Konsisten dalam Menulis Artikel

Menulis Artikel

Kita dapat menuliskan berbagai macam artikel ke dalam blog kita, tetapi kegiatan menulis tersebut alangkah baiknya jika dilakukan sesering mungkin guna mendatangkan pengunjung blog. Untuk itu, setidaknya kita menulis artikel 1 kali dalam sehari, bisa juga 1 kali dalam 2 hari. Atau 1 kali dalam seminggu pun tidak apa-apa, kita juga dapat memanfaatkan waktu liburan untuk menulis, pastinya akan terasa asyik jika kita melakukan hal tersebut dengan konsisten. Benar, bukan?

2. Menciptakan Konten Blog yang Menarik 
Konten Blog

Konten yang dimaksudkan adalah segala macam yang ada di dalam blog kita, baik itu dari segi artikel, tampilan, ataupun fasilitas yang kita berikan kepada pengunjung. Artikel yang menarik bukan selalu dalam artian artikel yang memuat hal-hal unik dan menarik, namun berupa artikel yang dapat bermanfaat bagi pengunjung blog yang membacanya. 

Nah, untuk membuat pengunjung nyaman dalam blog kita, maka kita harus memaksimalkan tampilan blog kita. Mengapa demikian? karena kemungkinan besar pengunjung tidak hanya membaca artikel dalam blog, melainkan juga melihat blog tersebut dari segi tampilannya. Untuk itu, tidak hanya artikel saja, namun tampilan juga harus diingat demi kenyamanan pengunjung dalam membaca artikel di blog kita.

3. Menjalin hubungan Antar Sesama Blogger 
Interaksi Blogger

Ini juga merupakan bagian yang penting dilakukan seorang blogger. Karena tidak akan lengkap rasanya jika kita ngeblog lalu tidak ada interaksi, hubungan, ataupun komunikasi yang ditautkan antar sesama blogger. Ada banyak cara agar kita mendapat banyak teman dari kegiatan ngeblog ini, antara lain:
  • Bercakap dengan blogger lain secara Individual
  • Blogwalking (berkunjung) ke blog-blog lainnya, dengan meninggalkan jejak di komentar/buku tamu.
  • Bergabung dikomuitas blogger online atau grup-grup blogger yang ada di Facebook.
  • Rajin membagikan artikel blog yang kita posting.
4. Memperoleh penghasilan lewat blog 
Dapet duit lewat blog

Tidak sedikit diantara blogger yang hanya bertujuan untuk mendapatkan uang lewat blognya. Banyak cara yang mereka gunakan agar mampu meraih keuntungan dari usaha blog yang mereka lakukan. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari usaha dan kerja keras dari awal mereka membuat blog sampai pada akhirnya ada harapan yang tinggi untuk menjadi sukses dan berhasil, tanpa melihat kegagalan yang ada dihadapannya.

Sebenarnya ada tips-tips lainnya agar ngeblog kita kian asyik dan kreatif, namun admin hanya mampu menulis sedikit saja. Semoga apa yang ditulis di atas dapat bermanfaat bagi para pengunjung sekalian yang membacanya. Dan semoga tidak bosan-bosan meluangkan waktunya untuk mampir ke blog ini.
Sekian, terima kasih.
Disqus Comments