Tuesday, December 30, 2014

Apa Itu SEO? Dan Pentingkah Bagi Blog?

Membicarakan tentang blog maka tidak lepas dari SEO blog itu sendiri. Sebuah blog dapat meningkat dengan adanya bantuan optimasi SEO yang dilakukan. Sebagai seorang blogger, kita semestinya perlu mengetahui apa itu yang dimaksud dengan SEO serta apa fungsinya serta tujuan melakukan optimasi SEO pada sebuah blog. 


Apa Itu SEO? Dan Pentingkah Bagi Blog?

Apa Itu SEO?
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Optimasi Mesin Pencari. Istilah SEO ini merupakan sebuah proses kegiatan serta usaha yang dilakukan pada situs web atau blog dengan tujuan untuk meningkatkan ranking atau peringkat situs web atau blog pada sebuah search engine atau mesin pencari, seperti Google misalnya.

Optimasi SEO dapat dilakukan dengan berbagai cara, metode, serta teknik yang dapat mempengaruhi peringkat situs web atau blog kita dalam halaman mesin pencari. 

Adapun langkah-langkah optimasi atau teknik SEO itu sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu Teknik SEO On Page dan Teknik SEO Off Page. Perbedaannya adalah jika Teknik SEO On Page dilakukan di dalam blog, sedangkan Teknik SEO Off Page dilakukan di luar blog tersebut. Kedua teknik ini memiliki keterkaitan satu sama lain dan memiliki tujuan yang sama, yakni untuk meningkatkan peringkat situs web atau blog kita pada halaman mesin pencari (SERP). 

Selain itu, terdapat dua metode SEO secara umum yang dilakukan, namun kedua metode ini sangat bertentangan satu sama lain, yakni Metode White Hat SEO dan Black Hat SEO. Metode White Hat SEO ini merupakan metode SEO yang direkomendasikan karena dilakukan secara legal dan aman bagi blog, sedangkan metode Black Hat SEO adalah kebalikannya yang merupakan metode SEO yang dilarang penggunaannya karena dapat berdampak negatif bagi blog itu sendiri.

Lalu, apa fungsi, tujuan, dan hal/sesuatu yang kita dapatkan jika kita melakukan optimasi SEO pada blog kita? seperti yang sudah saya jelaskan diatas, fungsi SEO dasarnya untuk meningkatkan posisi situs web atau blog kita pada hasil pencarian sebuah mesin pencari. Fungsi serta tujuannya sendiri dapat berbeda-beda sesuai dengan keinginan pemilik blog tersebut. Lantas, dengan tujuan apa mereka melakukan optimasi SEO pada blog mereka?

Sebagian besar orang melakukan optimasi SEO pada blognya demi meningkatkan jumlah pengunjung pada blog mereka. Dengan sering munculnya situs web atau blog kita pada halaman mesin pencari, maka besar kemungkinan akan mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita.

Suatu situs web atau blog akan sepenuhnya sukses dalam bidang SEO, jika pemilik blog tersebut dapat memahami secara betul dan detail mengenai SEO itu sendiri. Untuk mencapai tujuannya, optimasi SEO tersebut harus dilakukan dengan usaha serta kerja keras sejak awal dia membangun sebuah blog. Bukannya tidak mungkin, jika ia akan berhasil memanipulasi blognya dengan tepat dan search engine seperti Google yang menyukai blog tersebut. Poin yang paling penting adalah selalu menyematkan keyword sebagai kata kunci utama agar blog tersebut mudah terindex oleh mesin pencari.

Ya, mungkin inilah postingan singkat mengenai SEO yang dapat saya berikan kepada pengunjung blog. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami definisi SEO dan arti penting SEO bagi blog.
Sekian, Terima kasih.
Disqus Comments