Saturday, January 24, 2015

Mengenal Teknik White Hat dan Black Hat SEO Beserta Contohnya

Untuk membuat blog terindex dan berada diurutan teratas mesin pencari, banyak blogger yang menggunakan teknik SEO untuk mengoptimalkan blog mereka pada search engine. Berbagai teknik dilakukan, seperti penggunaan kata kunci, dan lain sebagainya, sehingga makin banyaknya persaingan, hingga rasanya sulit untuk menjadi yang pertama. Dalam SEO kita mengenal dua teknik atau metode SEO, diantaranya White Hat SEO dan Black Hat SEO.

White Hat SEO dan Black Hat SEO

Pengertian White Hat SEO
Merupakan teknik SEO yang dilakukan secara legal, baik, dan bijak serta tidak melanggar peraturan ataupun kebijakan yang dibuat dan ditetapkan oleh search engine (mesin pencari), seperti Google. Dengan demikian, teknik SEO ini sangat disarankan atau direkomendasikan karena memiliki unsur legal dan tanpa adanya kecurangan dalam penggunaannya.

Teknik White Hat SEO

Membuat Artikel yang Berkualitas, salah satu teknik SEO yang baik adalah dengan membuat atau menulis artikel yang berkualitas. Bagaimana artikel yang berkualitas itu? tentu artikel yang berupa tulisan tangan sendiri tanpa mengambilnya dari blog orang lain. baca: Tips Membuat Artikel Blog Berkualitas dan Disukai Google.

Penerapan Meta Tag Description, penggunaan meta tag ini sangatlah baik dan penting terhadap sebuah blog untuk menunjang blog tersebut untuk tampil di halaman mesin pencari. baca: Cara Memasang Meta Tag yang Paling SEO Friendly.

Backlink yang Berkualitas, banyak blogger yang memanfaatkan backlink berkualitas untuk mengoptimalkan SEO Blog mereka. Lalu bagaimana backlink yang berkualitas itu? untuk bagian ini admin akan share pada postingan berikutnya.

Promosi ke Sosial Media, merupakan sebuah metode yang sebenarnya wajar-wajar saja untuk dilakukan, pasalnya kebanyakan dari blogger yang menggunakan situs sosial media sebagai sarana promosi web atau blog mereka.

Setelah melihat teknik White Hat SEO, selanjutnya adalah Black Hat SEO. Mari kita simak uraiannya dibawah ini.

Pengertian Black Hat SEO
Teknik SEO yang merupakan kebalikan dari White Hat SEO, teknik ini dilakukan secara ilegal, curang, serta melanggar peraturan atau kebijakan yang dibuat dan ditetapkan oleh mesin pencari, seperti Google. Teknik ini mengutamakan peringkat pertama atau teratas halaman mesin pencari, sehingga dalam penggunaannya dilakukan serba otomatis dan tidak manual. Tentu teknik ini sangat dilarang dan tidak baik untuk dilakukan. Ada banyak teknik Black Hat SEO yang ilegal tersebut, diantaranya adalah berikut ini.

Teknik Black Hat SEO

Iteration Title (Pengulangan Judul), seperti namanya teknik ini dilakukan dengan mengulang-ngulang judul postingan, hingga membuat postingan tersebut berada di urutan teratas mesin pencari.

Keyword Stuffing, teknik ini hampir mirip dengan yang diatas, dengan cara melakukan menulis kata kunci atau keyword yang dilakukan secara berlebihan dan tujuannya tidak lain adalah untuk membuat blog tersebut terindex mesin pencari.

Link Farming, dapat diartikan sebagai pertanian link, yang dimaksud adalah memasukkan link sebanyak-banyaknya ke dalam satu halaman. Tentu penggunaan teknik ini sangat tidak disukai oleh mesin pencari layaknya Google.

Doorway atau Cloacking Page, yakni dengan menciptakan sebuah kode khusus yang digunakan untuk memanipulasi konten sebuah website atau blog. Salah satunya dengan memunculkan atau mengarahkan pengunjung kepada halaman yang hanya berisi oleh keyword atau kata kunci saja.

Invisible Text, seperti namanya yang berarti teks tak terlihat. Teknik ini dilakukan dengan menyembunyikan sebuah teks yang merupakan kata kunci. Seperti teks yang mengikuti warna background halaman tersebut, sehingga tidak tampak oleh mata pengunjungnya.

Jadi, dapat disimpulkan disini bahwa teknik SEO itu terbagi menjadi dua, yakni Teknik White Hat SEO dan Teknik Black Hat SEO. White Hat SEO yang merupakan teknik SEO yang baik dan sangat dianjurkan, serta Black Hat SEO merupakan Teknik SEO yang curang dan dilarang dalam penggunaannya.

Itulah postingan singkat tentang SEO untuk kesempatan kali ini, semoga apa yang ditulis dalam blog ini dapat bermanfaat bagi pengunjung semua.
Sekian, terima kasih.
Disqus Comments