Friday, February 6, 2015

Ini Dia Widget Yang 'Dirasa' Penting Untuk Blog

Sebuah blog akan terlihat menarik jika ditambahkan dengan widget-widget yang berguna untuk mempercantik blog tersebut. Walaupun sudah terpasang widget-widget dalam blog kita, kita juga harus memperhatikan mana widget yang berguna bagi pengunjung dan mana yang tidak penting. Untuk kesempatan kali ini, admin akan membahas tentang Widget-widget yang rasanya perlu atau penting untuk dipasang di blog.

Ini Dia Widget Yang 'Dirasa' Penting Untuk Blog
Apa saja widget-widget penting untuk blog tersebut? berikut diantaranya..

1. Menu Navigasi
Widget menu navigasi ini nampaknya sangat penting, bukannya tidak mungkin karena menu inilah yang akan dilihat pengunjung untuk mencari informasi pada situs blog yang ia buka. Selain itu mungkin menu navigasi tersebut akan memudahkan pengunjung dalam menemukan sebuah judul artikel/postingan ataupun postingan yang sesuai dengan label (kategori) blog.

2. Tombol Search
Widget terpenting lainnya adalah search button atau tombol mesin pencari. Widget search ini dianggap penting karena memiliki fungsi untuk memudahkan pengunjung dalam mencari postingan dalam blog kita dengan kata kunci yang diinginkan.

3. Recent Post dan Random Post
Widget ini lumayan penting karena untuk memperlihatkan kepada pengunjung postingan apa saja yang baru dipublikasikan ke blog kita, walaupun sebenarnya sudah terdapat urutan postingan terbaru pada homepage, namun mungkin ada saja yang malas untuk melihat halaman homepage sebuah blog.

Selanjutnya widget yang tak kalah penting adalah Random Post atau artikel acak. Seperti namanya, widget ini akan menampilkan postingan blog secara acak sehingga postingan-postingan terdahulu juga akan nampak dan tidak terlalu dilupakan.

Untuk tutorialnya, silahkan lihat pada artikel Cara Membuat Recent Post dengan Gambar (Thumbnail) di Blog dan Cara Membuat Widget Random Post dengan Gambar (Thumbnail) di Blog.

4. Tombol Share
Mengapa saya katakan penting? karena dengan adanya widget ini nantinya jika pengunjung mengklik tombol ini, maka akan mendatangkan banyak pengunjung dari situs-situs social media, seperti Facebook, Twitter, Google+, dan lain sebagainya.

5. Statistik Blog
Widget ini berfungsi untuk memperlihatkan kepada pengunjung atau kepada pemilik blog itu sendiri mengenai perkembangan situs blog tersebut, mulai dari jumlah pengunjung blog, Alexa, PageRank, dan widget statistik lainnya.

Demikian postingan singkat untuk kesempatan kali ini, semoga tulisan di blog ini dapat bermanfaat untuk sobat blogger semua.
Sekian, terima kasih.
Disqus Comments