Saturday, December 27, 2014

Kumpulan Situs Penyedia Layanan Blog Gratis Paling Populer

Ada banyak sekali situs-situs yang menyediakan layanan untuk membuat blog secara gratis. Diantara situs-situs penyedia blog gratis ini memiliki khas tersendiri, baik itu dari tampilan, cara membuat dan mengelola, beserta tema maupun template yang disediakan. Tidak lupa pula mengenai kebijakan atau peraturan pasti akan berbeda untuk masing-masing situs penyedia layanan blog gratis.

Kumpulan Situs Penyedia Layanan Blog Gratis Paling Populer

Banyak orang yang memanfaatkan blog gratis ini untuk kepentingan mereka masing-masing, namun setidaknya mereka tidak berbuat seenaknya dan harus memenuhi kebijakan atau peraturan yang diberikan oleh situs penyedia blog tersebut, alasannya apa? karena blog tersebut disediakan secara gratis, dan jika ingin bebas dalam menggunakannya, harus mengeluarkan uang karena mesti berbayar.

Berbicara mengenai blog, sudah saya terangkan dalam postingan sebelumnya, silahkan baca materi mengenai blog, antara lain:
Setelah memahami secara betul mengenai blog, maka kita dapat menggunakan blog dengan bijak tanpa melanggar kebijakan ataupun peraturan yang diberikan oleh situs penyedia layanan blog gratis tersebut.

Beralih ke Kumpulan Situs Penyedia Layanan Blog Gratis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Blogger

Blogger

Dari namanya saja sudah tidak asing lagi ditelinga, khususnya para blogger di Indonesia pasti mengenali situs penyedia layanan blog gratis yang satu ini. Ya, Blogger merupakan situs web yang diciptakan oleh Google yang menyediakan layanan blog secara gratis bagi siapa saja yang ingin mendaftar. Blogger memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mendaftar blog, namun tidak hanya itu saja, kemudahan lainnya seperti memberi fasilitas-fasilitas lebih yang terdapat didalamnya untuk memudahkan dalam mengelola blog tersebut.
Alamat situs: www.blogger.com

2. WordPress

WordPress

Layanan blog gratis yang kedua adalah Wordpress. Wordpress dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta menggunakan databese MySQL. Layanan blog ini ada yang gratis namun juga ada yang berbayar atau premium. Wordpress menjadi salah satu layanan blog gratis saingan Blogger. Kemudahan situs blog ini antara lain kemudahan dalam posting dengan dukungan WYSIWYG (What You See Is What You Get) editor, kemudahan mengimport data dari blog lainnya, kemudahan dalam menggunakan plugin SEO, dan masih banyak lagi.
Alamat situs: www.wordpress.com

3. Blogdetik

Blogdetik

Blogdetik merupakan layanan blog gratis yang dimiliki oleh perusahaan Indonesia, tidak lain dan tidak bukan adalah situs web Detik.com. Blogdetik ini juga tidak kalah dengan situs penyedia blog gratis lainnya, karena fitur-fitur canggih yang dimilikinya, antara lain tema, widget, plugin, dan lain sebagainya. Blogdetik juga dapat digunakan sebagai sarana promosi, diskusi, memperoleh penghasilan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Alamat situs: blogdetik.com

4. Tumblr

Tumblr

Tumblr merupakan platform mikroblog serta situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan oleh Tumblr Inc. Situs penyedia layanan blog gratis ini sudah banyak dikenal oleh kebanyakan orang. Tidak sedikit orang yang menggunakan layanan blog di Tumblr. Pengguna dapat mempublikasikan tulisan maupun gambar kedalam situs blog yang kita daftarkan.
Alamat situs: www.tumblr.com

5. Weebly

Weebly

Weebly merupakan situs penyedia layanan pembuatan blog gratis dengan sangat mudah. Dengan menggunakan layanan blog ini, kita dapat dengan mudah mengoprerasikan blog dengan mudah, mulai dari template, edit CSS dan HTML, JavaScript, tag Meta, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kita dapat membangun sebuah blog dengan sesuai keinginan kita sendiri.
Alamat situs: www.weebly.com

Ada beberapa situs yang menyediakan layanan blog gratis lainnya yang tidak saya uraikan satu persatu, berikut diantaranya:
  • www.blogsome.com
  • www.blog.com
  • www.livejournal.com
  • www.webs.com
  • www.friendster.com
  • www.edublogs.org
  • www.blog.co.uk
  • www.thoughts.com
  • www.bravenet.com
Sebenarnya masih banyak situs-situs lain penyedia layanan blog secara gratis, namun pada blog ini saya hanya memberikan sebagian diantaranya.
Sekian, Semoga bermanfaat.
Disqus Comments