Tuesday, December 30, 2014

Cara Paling Efektif Mempercepat Loading Blog

Nampaknya, blog tidak akan terlihat menarik jika ditambah dengan widget-widget yang berguna untuk mempercantik sebuah blog. Namun, kecepatan blog juga sebaiknya diperhatikan demi kenyamanan pengunjung blog tersebut. Sebab, kemungkinan besar pengunjung akan meninggalkan sebuah halaman web atau blog yang memiliki loading yang sangat berat dan lama.

Cara Paling Efektif Mempercepat Loading Blog

Dengan meningkatkan kecepatan loading pada blog, maka kita telah membuat pengunjung merasa betah dan ingin berlama-lama berada dalam blog kita. Selain itu, Google juga menyukai halaman web atau blog yang memiliki loading yang cepat. Untuk itu, diperlukan cara untuk mempercepat loading blog yang sudah admin bagikan tipsnya dibawah ini.

Berikut Cara Paling Efektif Mempercepat Loading Blog:

1. Mengkompres CSS Blog
Dengan melakukan cara ini, akan mengurangi loading blog kita yang tadinya lambat menjadi semakin cepat. Perlu diketahui, jika CSS pada template sobat terlihat acak-acakan dan tidak tersusun dengan rapih, maka disarankan untuk melakukan pengkompresan CSS pada template blog sobat yang sangat berguna untuk memperkecil ukuran CSS tanpa harus menghilangkan kode CSS tersebut. Untuk mengkompres CSS blog, dapat dilakukan pada berbagai situs CSS Compressor, diantaranya www.csscompressor.com, www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressor, dan www.minifycss.com/css-compressor.

2. Menghapus Widget yang Kurang Penting
Inilah salah satu faktor penyebab lambatnya loading pada halaman web atau blog. Karena dengan banyaknya widget, apalagi widget-widget JavaScript akan memperlambat loading blog. Jika ada widget yang dirasa kurang diperlukan dalam blog sobat, silahkan dihapus saja untuk mengurangi kelambatan loading blog sobat.

3. Membatasi Penayangan Banner Iklan
Memasang iklan memang suatu cara untuk memperoleh penghasilan dari blog. Namun, jika banner iklan yang kita pasang terlalu banyak akan memberatkan loading blog kita. Pengunjung pasti tidak akan betah berada dalam blog yang penuh dengan iklan. Bahkan Google pun tidak menyukai blog yang dipenuhi dengan banner-banner iklan, apalagi iklannya memuat konten dewasa, maka besar kemungkinan blog tersebut akan dibanned oleh Google.

4. Kurangi Penggunaan Efek-efek yang kurang bermanfaat
Terkadang sebuah blog ada yang ditambahkan dengan suatu efek-efek, seperti efek bintang berjatuhan, kupu-kupu terbang, salju, kembang api, dan lain sebagainya. Semua efek-efek tersebut bertujuan tidak lain hanya untuk membuat blog itu terlihat indah. Namun, alangkah baiknya jika kita mengurangi penggunaan efek-efek tersebut yang bahkan kurang berguna dan bermanfaat bagi para pengunjung blog.

5. Memperkecil Ukuran Gambar
Loading blog yang berat disebabkan oleh gambar-gambar yang dipublikasikan ke blog itu sendiri. Ukuran gambar yang cukup besar, pastinya akan memperlambat loading blog. Untuk itu, sebaiknya kita memperkecil ukuran gambar, baik yang berada di homepage, posting, maupun sidebar. Namun, meski demikian tidak pula untuk mengurangi kualitas dari gambar tersebut.

Sekian dulu artikel singkat mengenai langkah-langkah paling efektif yang dilakukan untuk mempercepat loading blog,
Semoga bermanfaat.
Disqus Comments