Friday, January 2, 2015

Inilah Tips Agar Dapat Ide Untuk Menulis di Blog

Blogging tidak terlepas dari kegiatan menulis dalam blog itu sendiri. Seseorang harus mempunyai hobi serta bakat menulis supaya mereka bisa menjadi seorang blogger. Ya, menulis dalam blog yang merupakan suatu keharusan dalam kegiatan ngeblog. Tulisan yang kita publikasikan ke dalam blog kita nantinya akan dibaca oleh pengunjung yang mampir ke blog kita. Untuk itu, alangkah baiknya jika kita lebih mementingkan kenyamanan pengunjung dalam membaca artikel dalam blog kita.

Inilah Tips Agar Dapat Ide Untuk Menulis di Blog

Menulis dalam blog itu tergantung kepada pemikiran si pemilik blog tersebut. Bagaimana ia mengeluarkan ide agar dapat mengirimkan tulisan ke dalam blognya. Baik itu yang berasal dari pengalaman pribadi, kegiatan sosialisasi, maupun dari rutinitas atau keseharian ia dalam dunia Internet.

Namun, yang menjadi permasalahan adalah adanya hambatan-hambatan yang terkadang membuat kita kekurangan bahkan kekeringan ide untuk menulis di blog. Kekurangan dengan kekeringan ide itu sedikit berbeda, jika kekurangan itu berarti masih memiliki ide walau hanya sedikit, sedangkan kekeringan berarti sudah tidak memiliki sama sekali ide dalam pikirannya untuk menulis. Hambatan-hambatan menulis itu dapat disebabkan oleh tidak dapat menguasai topik yang akan dibahas, kurangnya membaca baik itu dalam buku ataupun dalam blog orang lain, serta kurangnya waktu atau kesempatan yang dapat dimanfaatkan untuk menulis dalam blog.

Untuk itu, agar kita mampu memiliki ide dalam menulis di blog, kita perlu menyimak tipsnya yang telah disajikan berikut ini.

1. Sering Membaca Buku atau Blog lain
Seorang blogger tidak akan bisa menulis dalam blognya tanpa didahului dengan membaca untuk mencari ide dalam menulis di blognya. Kegiatan membaca tersebut haruslah dilakukan sesering mungkin supaya segala macam ide atau inspirasi masuk ke dalam pikiran kita.

Membaca sesuatu dalam buku dengan membaca sesuatu dalam blog sedikit berbeda. Jika buku yang kita baca penuh dengan rangkaian kata-kata atau kalimat yang disusun secara lengkap, sedangkan dalam blog berisi artikel yang saya anggap kurang lengkap, kecuali jika blog tersebut menduplikasi artikel yang diambil dari sebuah buku.

Di sisi lain, dengan seringnya membaca, maka kita akan memperoleh berbagai macam ide dari sumber refrensi yang kita baca. Ide ataukah inspirasi yang kita dapatkan, itu tergantung dengan apa yang kita telah baca pada suatu buku ataupun dalam situs web/blog lain. Usahakan untuk membaca sesuatu sebanyak mungkin, agar segala macam ide masuk ke dalam otak kita dan memberikan informasi dan pengetahuan untuk menulis dalam blog.

2. Pengalaman Seorang Diri
Sebuah pengalaman diri dapat dijadikan sebagai bahan untuk berbagi kepada sesama. Kenapa tidak? jika pengalaman tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain, cobalah untuk membagikannya dengan menulis sebuah artikel di blog, baik itu artikel pendek ataupun artikel yang panjang.

Alangkah baiknya jika kita mengirimkan sebuah pengalaman yang baik agar dapat berguna bagi orang yang membacanya di blog kita. Namun, jika kita menulis hal-hal apa saja, apalagi memuat unsur negatif ke dalam blog kita, itu akan dapat berdampak negatif bagi blog kita dan siapa saja yang membaca artikel dalam blog kita.

3. Luangkan waktu untuk Refreshing
Aktivitas yang padat menjadi sebuah alasan kita untuk tidak menulis di blog. Itu merupakan hambatan yang sebenarnya membuat kita kehilangan ide dalam waktu yang sementara. Keseharian kita yang sibuk dengan segala kegiatan, misalnya seperti sekolah, kerja, ataupun yang kerjanya hanya online di depan komputer. 

Sesekali kita dapat menyegarkan pikiran kita dengan sejenak refreshing, baik itu dengan jalan-jalan, olahraga, tidur, atau hal lainnya yang dapat memulihkan otak kita agar mampu mengelola ide ataupun inspirasi yang berasal darimana pun.

4. Aktif dalam Forum-forum Online
Forum merupakan tempat orang berdiskusi yang biasa dilakukan secara online pada situs-situs forum online, seperti Kaskus, Indowebster, Indoforum, dan lain sebagainya. Kita dapat memanfaatkan forum-forum online tersebut untuk mencari sebuah gagasan untuk menciptakan ide baru untuk menulis di blog. Hal tersebut dapat dihasilkan dengan kita yang sering aktif dalam forum online, baik itu dengan membaca thread post dan setidaknya dengan memberikan komentar sebagai tanggapan kita terhadap postingan tersebut.

5. Menemukan Artikel Populer di Google Trends
Kalau yang ini merupakan pilihan. Dengan menggunakan fitur Google Trends, kita bisa menemukan artikel paling terkenal dan banyak dicari orang di mesin pencari Google. Untuk dapat menggunakannya, kita dapat masuk ke situs www.google.com/trends. Dengan demikian, kita dapat menulis sebuah artikel dengan memasukkan keyword atau kata kunci yang banyak dicari di Google ke dalam artikel yang kita buat.

Itulah mungkin postingan singkat mengenai tips mendapatkan ide untuk menulis di blog, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk pengunjung sekalian.
Sekian, Terima kasi
Disqus Comments